Kulit sintetis adalah alternatif yang populer untuk kulit asli dalam industri fashion dan manufaktur barang-barang kulit. Dua jenis bahan kulit sintetis yang umum digunakan adalah Polyurethane (PU) dan Polyvinyl Chloride (PVC). Meskipun keduanya menciptakan tampilan kulit yang serupa, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya yang dapat memengaruhi kegunaan, kualitas, dan dampak lingkungan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara bahan kulit sintetis PU dan PVC:

1. Bahan Dasar

• PU (Polyurethane) Dibuat dari polimer yang bersifat fleksibel dan elastis. Bahan dasar utamanya adalah poliester atau poliuretan.

• PVC (Polyvinyl Chloride) Terbuat dari plastik yang mengandung klorin. PVC adalah bahan yang lebih kaku dan tahan terhadap cuaca.

 

2. Kelembutan dan Kekuatan

• PU Lebih lembut, fleksibel, dan elastis. Memberikan tampilan dan rasa yang mirip dengan kulit asli.

• PVC Lebih keras dan kurang elastis dibandingkan PU. Kurang lembut dan dapat terasa lebih dingin saat disentuh.

 

3. Daya Tahan Terhadap Cuaca dan Air

• PU Lebih tahan terhadap cuaca dan air. Tidak mudah mengeras atau pecah ketika terpapar air atau paparan sinar matahari yang berlebihan.

• PVC Rentan terhadap perubahan suhu ekstrem dan lebih mungkin terpengaruh oleh sinar matahari. Dapat mengeras dan retak seiring waktu.

 

4. Kenyamanan dan Pernafasan

• PU Lebih nyaman digunakan karena memiliki sifat pernafasan yang lebih baik, sehingga kurang membuat panas di bawah kondisi penggunaan yang lama.

• PVC Kurang memiliki sifat pernafasan yang baik, sehingga mungkin dapat terasa panas dan kurang nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama.

 

5. Dampak Lingkungan

• PU Lebih ramah lingkungan dibandingkan PVC. Proses produksi PU cenderung menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah.

• PVC Proses produksi dan pemrosesan PVC dapat menghasilkan senyawa klorin dan emisi berbahaya lainnya. Dikategorikan sebagai bahan yang kurang ramah lingkungan.

Pemilihan antara bahan kulit sintetis PU dan PVC tergantung pada kebutuhan pengguna, preferensi, dan kepedulian terhadap aspek lingkungan. Dengan memahami perbedaan ini, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi saat memilih produk yang menggunakan bahan kulit sintetis.

Bahan kulit sintetis PU, dengan fleksibilitas dan daya tahan terhadap cuaca yang baik, sering kali dipilih untuk aplikasi yang menuntut kenyamanan dan penampilan yang mirip dengan kulit asli. Sementara itu, PVC, dengan kekuatan dan ketahanan yang tinggi, mungkin lebih cocok untuk situasi di mana ketahanan terhadap elemen luar dan keausan menjadi prioritas utama.

Selain itu, kesadaran terhadap dampak lingkungan semakin meningkat, membuat pemilihan bahan yang ramah lingkungan menjadi pertimbangan penting. Dalam hal ini, PU sering dianggap sebagai pilihan yang lebih berkelanjutan daripada PVC.

Penting untuk dicatat bahwa industri terus melakukan inovasi dalam pengembangan bahan-bahan baru yang menggabungkan keunggulan kedua jenis kulit sintetis ini. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, mungkin akan muncul pilihan-pilihan baru yang lebih baik dari segi kinerja dan keberlanjutan.

Yuk, buat kalian yang lagi bingung cari vendor tas yang bisa custom segala jenis bentuk dan ukuran tas gak usah pusing-pusing lagi, karena ada Nusamstudio sekarang. Cara pemesanannya gampang banget langsung hubungi aja no admin kami lewat whatsapp (089663120008) bisa nih adminnya diajak konsultasi dulu untuk menanyakan price produksi tas dan lain halnya seputar custom tas, atau mau datang langsung ke kantor produksi kami boleh banget langsung datang ajja ke alamat Komplek Margahurip Indah Rt.01/Rw.10 No.263, Desa Margahurip, Kec Banjaran, Kab Bandung 40377. Masih gak percaya sama kualitas produksi kami? Yuk boleh kepoin dulu instagram kami di @nusamstudio jangan lupa like dan follow yaa.